Rabu, 13 April 2011

BAGAIMANA GELANDANG SERANG BERMAIN DALAM FORMASI 4 3 3

Pada formasi 4 3 3 yang bermain lebih menyerang, ada 3 gelandang. Tergantung taktik bermain, 2 gelandang bisa berperan membantu penyerangan dan 1 gelandang lebih bertahan. Tapi di situasi tertentu dimana tim ingin lebih bertahan, 2 gelandang perlu lebih kedalam daerah pertahanan.

Tanggungjawan Pemain Gelandang Pinggir
Pemain gelandang di pinggir seharusnya menjadi pemain yang paling bugar dan kuat dalam tim. Mereka diminta untuk selalu berlari dalam jumlah yang banyak selama pertandingan. Mereka harus mendukung penyerang didepan dan mendukung pemain bertahan. Kedua pemain ini sering mengumpan silang ke sekitar mulut gawang (cross the ball in and around the goal). Mereka harus mempunyai kaki yang kuat dan sangat murah dengan umpan silang maupun umpan tarik (tidak egois menembak langsung ke gawang – kecuali ada peluang yang besar!) Bila mereka berlari masuk ke tengah, mereka harus siap menembak ke gawang, tetapi dalam banyak kasus mereka akan berlari maju mundur sepanjang garis tepi mengumpan crossing ke striker yang membuat gol. .

Tim yang menggunakan formasi 4 – 3 – 3 mempunyai 2 pemain sayap yang membuat permainan melebar dalam menyerang dan mendukung pertahanan bila kehilangan bola/permainan. Posisi sayap dalam formasi ini meminta ketahanan pisik dan juga menuntut keceptan lari yang cepat. .

Tanggungjawab Gelandang di tengah
Pemian gelandang tengah harus seorang yang paling berbakat dan juga seorang atlit yang sanggup bekerja keras. Semua permainan sebaiknya bergerak dari pemain ini dan kehadirannya di setiap ruang , harus diketahui oleh rekannya. Dia bertanggungjawab memindahkan permainan dari satu sisi ke sisi lainnya. Mengatur dan menyiapkan penyerang untuk menembak ke gawang, memenangkan bola pada situasi 50/50 %, bermain bertahan dengan kokoh, menembak ke gawang musuh dari jarak jauh. Semua itu membuat pemain ini bertindak sebagai coach yang bermain pula. Dia harus menjadi pemimpin yang tegas dengan teriakan semangat atau mengingatkan!
Pemain gelndang tengah ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan pemain lain, karena pergerakannya menempatkan dirinya lebih dekat pada rekan saat bola dimainkan. Dia dapat berputar 360 derajat dan haurs selalu mempunyai rekan didekatnya dalam jarak 9 – 14 m untuk diumpan. Gelandang ini punya peluang untuk memainkan bola panjang kearah kotak penalty untuk dikejar oleh striker. Posisi ini sangat vital bagi permainan dan kekompakan tim, sehingga sering pemain ini ditugaskan sebagai kapten.

Bila penyerang tengah bergerak kebelakang daerah sendiri untuk menerima atau mencari bola, daerah yang ditinggalan bisa dimanfaatkan oleh salah seorang pemain gelandang terdekat yang berlari masuk ke daerah kosong tersebut. Cara ini yang didemonstrasikan oleh Roberto Baggio pada kejuaran dunia/1994 World Championships. Dia sering melakukan ini sebagai taktik permaianan agar gelandang punya peluang masuk atau lari dari belakang, lalu menggiring bola dengan cepat untuk menembak ke gawang atau memberikan umpan terobosan atau one-two pass. .

Bila tim anda yang mempunyai pemain sayap yang cepat harus pula memanfaatkan ruang bebas dibelakang pemain belakang lawan, guna mencoba menembus pertahanan dan menggebrak serang dengan kejutan.

Sedangkan pilihan penyerangan oleh gelandang tergantaung pada formasi. Dengan dua gelandang bermain lebih kedepan, polanya adalah suatu kombinasi permainan antara gelandang dan penyerang. Tetapi bila tim anda hanya memainkan seorang gelandang lebih kedepan (karena 2 gelandang lagi lebih kebelakang untuk siap bertahan), peranan yang paling penting dari gelandang ini adalah bermain dengan penyerang di daerah yang bebas lalu mencari terobosan masuk dengan dribbling, menendang ke gawang, atau kombinasi serang lainnya.




Kunci sukses formasi 4 – 3 – 3 terjadi pada saat transisi atau pertukaran permainan diantara permainan musuh dan memperoleh bola kembali. Segera setelah permainan bola diambil alih, tim harus siap menciptakan lebar permainan, kedalaman permainan dan mendukung dengan kecepatan, dan kadang dapat dilihat sebagai taktik serang balik atas lawan yang kuat.

Pada skenario ini adalah wajib agar pemain sayap yang satu lagi begabung dengan pemain tengah ini di dalam daerah berbahaya. Gerakan ini juga harus dilakukan salah satu gelandang.
Bila keempat pemain belakang lawan menjaga daerah pertahanan dengan ketat dan tidak memberikan penyerang tengah untuk menciptakan kedalaman, lalu suatu kombinasi dari penyerang/ striker yang datang untuk memancing centre back lebih bergerak kemuka, dua pemain sayap tetap menjaga permainan melebar untuk menarik permainan lebih keluar dan penyerang berlari. 2 gelandang serang diluar garis pertahanan dapat digunakan untuk membuka pertahanan, Apabila dalam situasi ini centre back lawan tidak keluar, lalu striker bisa mengalihkan bola dan bermain melalui gelandang serang yang ditengah atau dibelakang. Karena jumlah pemain yang terlibat banyak dalam penyerangan, cara bermain seperti ini dapat menjadi formasi yang sangat menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar